Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat?

Pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat?

Pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat?

a. empat arah

b. tiga arah

c. dua arah

d. satu arah

e. tanpa arah

Kunci Jawaban: 

D. satu arah


Pembahasan

Pidato Merupakan Jenis Komunikasi di Depan Khalayak Banyak yang Bersifat

Pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat?

Perlu Anda ketahui bahwa pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat satu arah. Artinya, seorang komunikator akan menyampaikan pesan melalui pidato kepada komunikan tanpa adanya imbal balik.

Tercatat, pidato ini adalah bentuk komunikasi yang mendikte komunikan untuk mendengarkan pesan dari komunikator. Sehingga, tidak akan ada tanya jawab atau sanggahan dari komunikan. Jadi, seseorang yang berpidato harus mempersiapkan materi secara matang.

Jika tidak, maka pesan yang termuat pada pidator tidak akan tersampaikan secara sempurna. Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui ketika sedang menyusun naskah pidato. 

Pidato Merupakan Jenis Komunikasi di Depan Khalayak Banyak yang Bersifat Satu Arah? Ini Penjelasannya

Pidato merupakan suatu komunikasi satu arah yang mana seorang komunikator berbicara didepan komunikan. Artinya, seseorang yang sedang berpidato tidak boleh disela oleh seorang komunikan.

Dalam penyusunan pidato, terdapat hal-hal yang harus Anda perhatikan. Sebab, pidato yang dapat diterima oleh komunikan harus mudah untuk dipahami. Untuk itu, ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun pidato. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Tema Pidato

Hal yang pertama adalah tema pidato. Pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat satu arah. Jadi, Anda harus menentukan tema pidato yang sedang dihadiri. Sehingga, komunikan mengerti maksud pesan dari pidato yang Anda sampaikan.

2. Menyusun Isi Pidato Sesuai Tema

Hal yang kedua yakni proses penyusunan isi pidato. Perlu Anda ketahui bahwa penyusunan pidato ini sangat menentukan isi pesan yang akan disampaikan kepada komunikan. 

Anda dapat mengangkat beberapa kosakata pidato sesuai dengan tema yang diangkat. Sehingga, komunikan dapat menerima isi dan maksud dari pidato yang disampaikan oleh komunikator.

3. Gaya Penyampaian Pidato

Dan hal yang terakhir adalah gaya penyampaian pidato. Pidato yang baik tentu disampaikan dengan intonasi nada yang berbeda-beda. Anda dapat berpidato dengan berapi-api untuk membakar semangat komunikan.

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam satu arah. Pidato ini disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan. Sehingga, pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat satu arah saja.


Posting Komentar untuk "Pidato merupakan jenis komunikasi di depan khalayak banyak yang bersifat?"