Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut juga?

Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut juga?

Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut juga?

a. Patriotisme

b. Rasionalisme

c. Radikalisme

d. Nasionalisme

e. Primordialisme

Kunci Jawaban: 

D. Nasionalisme

Pembahasan:

Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut juga?

Semangat Kebangsaan atau Lebih Mengedepankan Kepentingan Nasional Disebut

Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi. Di Indonesia sendiri, prinsip dari nasionalisme mempunyai arti penting. 

Adanya nasionalisme ini tidak mengandung makna bahwa bangsa ini lebih unggul dibandingkan bangsa yang lainnya. Nasionalisme juga bisa diartikan sebuah prinsip, usaha bersifat patriotic serta semua upaya untuk mempertahankan semangatnya. 

Semangat nasionalisme dapat memperlihatkan suasana hati yang telah melekat kuat pada diri seseorang. Salah satu contohnya seperti cinta terhadap tanah air dan menjaga kesatuan bangsa. 

Semangat Kebangsaan atau Lebih Mengedepankan Kepentingan Nasional Disebut

Anda tentu tidak akan memperdebatkan lagi jika dijumpai berbagai perbedaan. Misalnya perbedaan ras, suku, agama, golongan maupun budaya. Semua itu terwujud setelah memahami makna dari nasionalisme.

Anda selalu mempunyai tekad dan keinginan kuat untuk bersatu sehingga tidak terpecah belah. Dengan demikian, Anda mempunyai keberanian untuk menjunjung tinggi persatuan serta mengutamakan kepentingan nasional. 

Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut berhasil membuat masyarakat rela berkorban untuk negaranya. Tanpa adanya keberanian tersebut maka akan menyebabkan adanya perpecahan. 

Oleh karena itu, selain mengobarkan semangat yang tinggi, Anda juga harus menumbuhkan rasa bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Semangat itu seharusnya telah ditanamkan dalam jiwa seseorang ketika masih kecil. 

Anda juga harus selalu memupuknya agar bisa hidup dan tidak pernah pudar. Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut menumbuhkan berbagai sikap disiplin, berani dan jujur.

Selain itu, juga mengedepankan toleransi, berani memberantas tindakan sewenang-wenang dan korupsi yang merugikan bangsa. Apabila kehidupan masyarakat dipenuhi dengan semangat nasionalisme maka dapat mencegah adanya kehancuran.

Dengan demikian, bangsa Indonesia tetap dapat bertahan. Contoh lain dari sikap nasionalisme adalah mencintai produk dalam negeri, mematuhi peraturan hukum yang berlaku. 

Selain itu, hidup rukun dengan sesama warga negara, mencintai alam dan memelihara kebersihan di lingkungan sekitar. Mengharumkan nama bangsa di kancah internasional juga termasuk salah satu perwujudan nasionalisme. 

Memiliki jiwa nasionalisme penting bagi keutuhan suatu bangsa dan negara. Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut memang seharusnya selalu Anda pupuk setiap hari. 


Posting Komentar untuk "Semangat kebangsaan atau lebih mengedepankan kepentingan nasional disebut juga?"