Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Sistem Pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah?

Sistem Pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah?

Sistem Pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah?

a. mulut

b. kerongkongan

c. lambung

d. usus

e. esophagus

Kunci Jawaban: 

B. kerongkongan

Sistem Pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah?

Sistem Pencernaan yang Melakukan Gerak Peristaltik Pertama

Banyak orang yang masih keliru mengenai sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama. Padahal ini merupakan hal dasar yang kiranya perlu diketahui.

Karena banyak orang mengira ketika menelan makanan, tentunya yang pertama kali adalah mulut. Meskipun ini ada benarnya, akan tetapi tidak semuanya benar.

Oleh sebab itu perlu pemahaman mendasar mengenai hal tersebut agar tidak salah atau keliru ketika ditanya mengenai gerak paristaltik yang pertama.

Mengenal Sistem Pencernaan yang Melakukan Gerak Peristaltik Pertama

Untuk lebih jelasnya maka pahami dulu sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama. Agar tidak ada lagi kekeliruan dalam menanggapi ketika ditanya akan hal ini.

Jadi makanan yang pertama kali masuk itu pastinya melalui mulut. Semua makanan yang masuk ketubuh manusia akan bisa dicerna ketika masuk melalui mulut.

Karena itulah tidak sedikit pula orang menjadi keliru berkenaan dengan system pencernaan yang pertama kali masuk dan melakukan gerak peristaltik.

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah mulut itu hanya sebagai perantara antara makanan hingga menuju tubuh. Sedangkan proses yang melakukan gerakan tersebut bukanlah mulut.

Padahal sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama yakni kerongkongan. Jadi harus bisa membedakan dan jangan sampai keliru.

Karena ketika makanan masuk kedalam mulut itu memang akan dikunyah. Akan tetapi yang melakukan gerak peristaltik adalah kerongkongan.

Artinya meskipun mulut yang akan merespon pertama kali makanan yang masuk. Mulai dari mengunyah hingga memprosesnya, namun tugasnya hanya sebatas itu saja.

Tidak ada tugas lanjutan yang dilakukan oleh mulut, Karena itulah dalam gerak peristaltik itu merupakan tugas kerongkongan yang akan memprosesnya.

Alur dalam prosesnya yakni mulai dari kerongkongan, pada tahap ini aka nada gerakan otot yang dihasilkan oleh kerongkongan. Kemudian makanan tersebut akan diproses kembali oleh gigi agar menjadi hancur.

Setelah semua proses makanan menjadi lunak kemudian, dari kerongkongan akan ditelan dan masuk pada lambung manusia. Itulah proses yang sebenarnya terjadi.

Berdasarkan uraian tadi, artinya sebagai pelajar jangan sampai salah lagi jika ditanya mengenai sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah kerongkongan.

Jadi Menurut materipintar.com jawaban yang benar mengenai Sistem Pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah kerongkongan.


Posting Komentar untuk "Sistem Pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah?"