Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shopee Aff

close
Banner iklan disini

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia adalah sungai?

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia adalah sungai?

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia adalah sungai?

a. Musi

b. Barito

c. Mahakam

d. Bengawan Solo

e. Semua jawaban benar


Kunci Jawaban: 

A. Musi


Pembahasan:

Sungai yang Dimanfaatkan Sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia

Sungai yang Dimanfaatkan Sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia dapat Anda temukan salah satunya pada Pulau Kalimantan. Jalur ini ditempuh untuk mempersingkat jarak menuju ke suatu tempat. 

Proses pembentukan sungai berlangsung secara alami. Fungsinya yaitu menjadi tempat mengalirnya air dari pegunungan. Pemanfaatannya biasanya menyesuaikan kondisi geografis pada masing-masing daerah. 

Jika Anda ke Pulau Jawa maka tidak lagi yang digunakan untuk transportasi, lain halnya dengan Kalimantan serta Sumatera. Anda harus mengetahui nama-nama sungai pada wilayah Indonesia dan menjadi jalur kapal. 

Intip Beberapa Sungai yang Dimanfaatkan Sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia 

Tarif dari jalur kapal yang satu ini sangat terjangkau karena terbentuk melalui proses alam. Berikut akan dibahas secara detail daftar nama beserta lokasinya. 

1. Kapuas

Kapuas berada di Kalimantan Barat sebagai jalur untuk distribusi barang. Kapuas memiliki kedalaman 20 meter dan terpanjang pada pulau tersebut. Panjangnya yaitu 1.143 km. 

Anda dapat melihat berbagai kapal serta perahu nelayan. Pada umumnya untuk mencari ikan. Ada juga kapal untuk dipakai bersandar atau bersantai. 

2. Mahakam

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia tersebut memiliki panjang 920 km. Letaknya di daerah Kabupaten Kutai Barat. Fungsinya sebagai tempat untuk lewatnya kapal batu bara.

Anda juga akan menjumpai banyak ikan air tawar. Contohnya antara lain ikan patin dan pesut. Namun, sayangnya kini jumlahnya mulai berkurang. 

3. Musi

Musi termasuk paling panjang pada Pulau Sumatera. Banyak turis tertarik mengunjunginya karena terdapat spot-spot menarik. Area sekitarnya banyak terdapat objek wisata seperti Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera. 

4. Batanghari

Batanghari adalah salah satu contoh sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Penyeberangannya memanfaatkan kapal ukuran sedang. Lokasinya di Jambi dan Sumatera Barat. 

5. Barito

Barito berada pada 2 kabupaten yang panjangnya 909 km. Kabupaten yang dilewati yaitu, Murung Raya dan Barito. Anda akan melihat kapal-kapal besar mengangkut berbagai jenis barang maupun manusia. 

Beberapa sungai tersebut masih digunakan untuk jalur transportasi. Anda Semua sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia tersebut wajib untuk Anda ketahui sehingga perjalanan menjadi lancar. 


Posting Komentar untuk "Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia adalah sungai?"