Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Bentuk Pola lantai dalam karya seni tari harus disesuaikan dengan?

Bentuk Pola lantai dalam karya seni tari harus disesuaikan dengan?

Bentuk Pola lantai dalam karya seni tari harus disesuaikan dengan?

a. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan

b. busana, tata rias, dan panggung

c. panggung, properti, dan tata rias

d. tata lampu, busana, dan gerak

e. dekorasi,jumlah tim dan koreografi

Kunci Jawaban: 

A. jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan

Pembahasan:

Bentuk Pola lantai dalam karya seni tari harus disesuaikan dengan?

Jenis-Jenis dan Bentuk Pola Lantai dalam Karya Tari

Bentuk pola lantai dalam karya tari adalah sebuah pola dan aturan yang dibuat dalam pergerakan, perpindahan dan pergeseran penari dalam sebuah pertunjukan tari. Agar pertunjukan tari memiliki keindahan yang di akibatkan oleh penggunaan pola lantai yang tepat pada saat pertunjukan tari sedang di lakukan. 

Terdapat beberapa jenis bentuk dan pol lantai dalam pertunjukan tari yang harus Anda ketahui. Pembahasan ini umumnya dibahas dalam materi pembelajaran seni budaya pada bangku sekolah. Namun jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut berikut ini adalah beberapa jenis dari pola lantai dalam pertunjukan tari. 

Bentuk Pola Lantai dalam Karya Tari yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang sudah kami singgung tadi bahwa terdapat beberapa jenis bentuk pola lantai dalam karya tari yang memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Dalam sebuah pagelaran tari pola lantai juga berguna untuk mengatur gerakan para penari menyesuaikan dengan pola tempat tari yang sedang di lakukan. 

1. Lurus Horizontal

Yang pertama adalah bentuk pola lantai dalam karya tari lurus horizontal. Pola lantai yang satu ini memiliki jenis pola yang membentuk lurus para penari dengan cara menyamping seperti pada tarian saman di Aceh. 

2. Vertikal

Pada jenis pola yang satu ini para penari akan memebentuk sebuah garis lurus ke arah belakang dengan rapi. Pola lantai vertikal banyak di jumpai pada tarian khas daerah Jawa Tengah seperti tarian Bedhoyo Ketawang. 

3. Diagonal

Selanjutnya ialah pola lantai diagonal. Bentuk pola lantai dalam tari menggunakan pola lantai diagonal akan membentuk penari melakukan gerakan menyudut ke arah kiri atau kanan. Tari jaipong merupakan contoh tari yang menggunakan pola ini. 

4. Garis Lengkung

Yang terakhir adalah jenis pola lantai garis lengkung. Jenis pola tari yang satu ini akan membentuk sebuah pola melengkung, cekung, cembung atau melingkar pada sebuah tarian. Tari piring adalah contoh yang menggunakan jenis pola ini. 

Itulah beberapa jenis dan bentuk pola lantai dalam sebuah tarian. Setelah memahami hal tersebut sekarang Anda sudah bisa menyimpulkan bahwa betapa pentingnya mengatur pola lantai yang benar dan tepat dalam pertunjukan sebuah tari dengan memperhatikan bentuk pola lantai dalam karya tari. 

Jadi Jawaban menurut Materipintar.com tentang Bentuk Pola lantai dalam karya seni tari harus disesuaikan dengan adalah jumlah penari, gerak tari, dan tempat pertunjukan.

Posting Komentar untuk "Bentuk Pola lantai dalam karya seni tari harus disesuaikan dengan?"