Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Berikut Ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali?

Berikut Ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali?

Berikut Ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali?

a. Mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial budaya di Asia Tenggara

b. Memajukan perdamaian dan stabilitas Kawasan dengan tetap menghormati keadilan dan penegakan hukum

c. Memajukan persiapan perang negara-negara ASEAN melawan penjajah dari kawasan benua lain

d. Memajukan kerja sama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

e. Agar bisa saling memajukan perkembangan ekonomi indonesia saja

Kunci Jawaban: 

C. Memajukan persiapan perang negara-negara ASEAN melawan penjajah dari kawasan benua lain

Pembahasan:

Berikut Ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali?

Ketahui Tujuan Berdirinya Asean di Wilayah Asia Tenggara

Belakangan banyak orang bertanya-tanya apa tujuan berdirinya ASEAN di Asia Tenggara. ASEAN sendiri merupakan PBB khusus di Asia Tenggara. Itu artinya, ASEAN menjadi salah satu organisasi ekonomi, geo dan politik yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Berdirinya organisasi ini yaitu pada tanggal 8 Agustus 1967 di Thailand, Bangkok. Kala itu, ASEAN masih beranggotakan lima negara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand.

Hingga sekarang ini terdapat 10 negara yang masih aktif bergabung bersama organisasi ASEAN. Diantaranya Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam dan Kamboja.  

Sedangkan pendiri organisasi ini adalah Adam Malik (Indonesia), Rajaratnam (Singapura), Narsisco Ramos (Filipina), Thanat Khonam (Thailand) dan S. Tun Abdul Razak dari Malaysia. 

Tujuan Berdirinya ASEAN yang Perlu Diketahui

Dibentuknya ASEAN dilatarbelakangi oleh persamaan persepsi antar negara Asia Tenggara. Setelah mengetahui latar belakang tersebut, penting juga untuk mengetahui tujuan berdirinya ASEAN.

Bila disimpulkan, tujuan pembentukan ASEAN adalah untuk membuat negara Asia Tenggara selama aman, damai, dan sejahtera.

Tidak hanya itu, masih ada beberapa tujuan lain yang harus kita sadari dan pahami. Jadi, apa tujuan dibentuknya ASEAN?

1. Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Tujuan pertama berdirinya ASEAN adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, perkembangan budaya, dan kemajuan sosial di daerah yang mudah dijangkau. Itu artinya, masing-masing negara harus bekerjasama untuk mewujudkan keinginan tersebut.

2. Saling Bahu Membahu

Tujuan berdirinya ASEAN selanjutnya adalah untuk meningkatkan kerjasama antar negara agar lebih aktif dan saling bahu membahu dengan berbagai kepentingan di bidang ekonomi, social, ilmiah, teknis, administrasi.

3. Stabilisasi Regional

Melalui ASEAN, perdamaian dan stabilitas regional dapat diwujudkan dengan baik. Caranya dengan menghormati ketertiban dan keadilan antar negara yang sudah disepakati. Organisasi ini berpegang teguh pada prinsip organisasi besar seperti PBB. 

4. Peningkatan Komoditi Internasional

Dengan kerjasama antar negara ASEAN, harapannya dapat meningkatkan komoditi Internasional dari berbagai bidang. Sarana dan komunikasi yang ada dapat melalui proses perbaikan, sehingga taraf hidup masyarakat terus meningkat dan berkembang.

Diatas adalah beberapa tujuan berdirinya ASEAN yang perlu Anda pahami. Sudah jelas bila organisasi ini membawa tujuan yang baik untuk dikembangkan, sehingga kita sebagai masyarakat di kawasan Asia Tenggara dapat terus mendukung, bekerjasama dan mewujudkannya.

Jadi menurut materipintar.com jawaban mengenai soal Berikut Ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali adalah Memajukan persiapan perang negara-negara ASEAN melawan penjajah dari kawasan benua lain.

Posting Komentar untuk "Berikut Ini adalah tujuan berdirinya ASEAN kecuali?"