Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Contoh Alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah?

 

Contoh Alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah?

Contoh Alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah?

a. biola

b. rebab

c. piano

d. siter

e. Gitar

Kunci Jawaban: 

C. piano

Contoh Alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah?

Contoh Beberapa Alat Musik yang Menggunakan Tangga Nada Diatonis

Alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah sebuah alat musik yang memiliki jenis tangga nada dianotis bukan jenis alat musik yang menggunakan tangga nada pentatonis. Ada beberapa jenis alat musik yang menggunakan tangga nada dianotis seperti oboe, trombone, tuba, gitar, bass, organ, cello, biola, clarinet, terompet, saxhopone, harpa, piano, dan yang terakhir adalah flute. 

Sedangkan untuk alat musik yang menggunakan tangga nada pentatonis merupakan alat musik yang yang lebih sering di jumpai pada lagu-lagu daerah seperti alat musik gamelan, calung, tifa, gambang kromo, indiokardo dan masih banyak lainnya. Dan kali ini kami akan membahas tentang seputar alat musik yang memiliki tangga nada diatonis. 

Pembahasan Tentang Alat Musik yang Menggunakan Tangga Nada Diatonis

Seperti yang Anda ketahui bahwa tangga nada memiliki beberapa kategori dan salah satunya ialah tangga nada diatonis dan tangga nada diatonis. alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis kebanyakan di dominasi oleh alat musik yang bersifat umum dan modern, sedangkan alat musik dengan nada pentatonis lebih ke alat musik tradisional untuk lagu-lagu rakyat. 

Sedangkan untuk tangga nada diatonis merupakan sebuah nada yang terdiri dari tujuh pokok instrumen nada utama yaitu Do Re Mi Fa So La Si Do. Tujuh instrumen nada ini merupaka instrumen nada yang paling umum dan juga cukup mudah untuk di pelajari ketimbang jenis tangga nada lainnya. 

Instrumen yang tidak bisa memainkan jenis tangga nada diatonis biasanya merupakan jenis instrumen yang digunakan pada lagu-lagu ritmis dan juga tradisional, yang lebih gampang untuk menggunakan jenis tangga nada pentatonis ketimbang jenis tangga nada diatonis. 

Jenis tangga diatonis juga tidak bisa digunakan untuk mengiringi instrumen seperti drum dan kendang, karena tidak memiliki instrumen tujuh tangga nada pokok dari tangga nada diatonis yakni Do Re Mi Fa So La Si Do. 

Antara tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis tentu sangat berbeda, sehingga Anda harus mengetahui perbedaan antar keduanya untuk memudahkan dalam proses belajar, dan juga Anda harus mengetahui perbedaan dari alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis. 


Posting Komentar untuk "Contoh Alat musik yang menggunakan tangga nada diatonis adalah?"