Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut?

Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut?

Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut?

a. Produsen

b. Distributor

c. Konsumen

d. Penyalur

e. Surveyor

Kunci  Jawaban: 

c. Konsumen

Pembahasan:

Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut?

Orang yang Menggunakan Jasa atau Barang Disebut

Karena banyak yang menanyakan orang yang menggunakan jasa atau barang disebut konsumen. Maka kami akan membahasanya secara singkat dan jelas. 

Seperti yang kita tahu, aktivitas jual beli pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Baik itu yang menjadi pedagang, atau pembeli sekalipun. Meski banyak yang menjadi konsumen, namun tidak semua orang mengetahui arti dari kegiatan mengkonsumsi itu sendiri.

Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut konsumen, baik untuk kepentingan dirinya, keluarga hingga orang lain, yang mana tidak untuk diperdagangkan. Bila dilihat dari kacamata masyarakat Jawa, kegiatan ini dinamakan kulakan.

Orang yang Menggunakan Jasa atau Barang Disebut Konsumen, dan Macam Kegiatan Ekonomi

Seperti yang kita tahu, kegiatan ekonomi ada 3 yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Berikut untuk penjelasannya.

Pertama, produksi berdasarkan definisi ekonomi, produksi adalah kegiatan manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai barang dan jasa.

Misalnya menanam padi berarti sedang memproduksi, lalu mengambil ikan dari laut yang berarti menambah ruang hingga menjahit kain agar jadi celana (menambah bentuk).

Kesimpulannya, produksi mencangkup dua hal yakni menciptakan suatu barang dan jasa dan yang kedua adalah menambah kegunaan barang dan jasa tersebut. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut produsen.

Kedua, distribusi adalah suatu kegiatan untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Adapun contoh kegiatan distribusi adalah pedagang pakaian yang menjual dagangannya di pasar.

Terakhir, orang yang menggunakan jasa atau barang disebut konsumsi. Kegiatan ini dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pemanfaatannya sendiri bisa dilakukan secara bertahap atau sekaligus.

Lalu orang yang melakukan kegiatan konsumsi dikatakan sebagai konsumen. Misalnya Anda membeli baju di sebuah swalayan, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sandang dan mendapatkan kepuasan.

Kemudian, ada beberapa hal yang mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli suatu barang. Di antaranya:

1. Dilatar belakangi oleh keinginan diri sendiri

2. Motivasi yang mendorong keinginan diri untuk melakukan kegiatan dan tujuan tertentu

3. Keadaan ekonomi seseorang yang mempengaruhi perilakunya untuk mengambil sebuah keputusan 

4. Sikap, perlakukan dan tanggapan sekitar akan respon lingkungan yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan konsumsi

5. Untuk memuaskan kebutuhan rohani dan fisik seseorang

6. Dilatarbelakangi oleh keluarga sebagai lembaga terkecil yang mencangkup ibu, bapak, ayah, dan saudara 

Demikian penjelasan mengenai jenis kegiatan ekonomi. Selain itu, konsumen juga dilindungi oleh UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 sehingga dapat dipelajari lebih dalam orang yang menggunakan jasa atau barang disebut konsumen.

Jadi menurut materipintar.com jawaban yang benar mengenai soal Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut Konsumen.

Posting Komentar untuk "Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut?"