Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan tidak bersifat utopis. Apa maksud Pancasila tidak bersifat utopis?

Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan tidak bersifat utopis. Apa maksud Pancasila tidak bersifat utopis?

Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan tidak bersifat utopis. Apa maksud Pancasila tidak bersifat utopis?

a. Artinya Pancasila itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara nyata, bukan ide-ide yang jauh dari realita

b. Artinya Pancasila itu memang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan riil

c. Artinya Pancasila itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

d. Artinya Pancasila adalah ideologi yang jauh dari realita

e. Artinya Pancasila adalah ideologi yang filosofis

Kunci Jawaban: 

A. Artinya Pancasila itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara nyata, bukan ide-ide yang jauh dari realita

Pembahasan:

Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan tidak bersifat utopis. Apa maksud Pancasila tidak bersifat utopis?

Arti Pancasila Tidak Bersifat Utopis Maksudnya Apa?

Banyak orang menanyakan arti pancasila tidak bersifat utopis. Pertanyaan tersebut memang mulai populer belakangan ini. Namun ada hal yang cukup aneh terjadi di masyarakat.

Itu karena masyarakat banyak menanyakan pertanyaan ini tanpa mengetahui arti dari utopis itu sendiri. Perlu diketahui, utopis memiliki kemiripan dengan khayal. Jika sesuatu bersifat utopis maka sesuatu tersebut disebut khayal.

Oleh sebab itu arti pancasila tidak bersifat utopis berarti pancasila tidak hanya digunakan sebagai teori. Namun keberadaannya memang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Arti Pancasila Tidak Bersifat Utopis

Ketika membicarakan tentang pancasila, banyak orang yang tidak paham mengenai cara menjalankannya. Perlu diketahui, cara menjalankan pancasila wajib diketahui oleh orang Indonesia.

Hal ini bahkan lebih penting dari sekadar mengetahui arti pancasila tidak bersifat utopis. Oleh sebab itu, berikut penjelasan secara lebih lengkap.

1. Sila Pertama

Cara menjalankan yang pertama akan dibahas berhubungan dengan sila pertama. Pada prosesnya, hal ini bisa dibarengi dengan beberapa hal. Pertama berhubungan dengan kepercayaan.

Untuk membuktikan sila pertama, seseorang harus memiliki satu agama dan menjalankan agama tersebut. Namun ingat, toleransi adalah hal yang tetap perlu diperhatikan.

2. Sila Kedua

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Di dalamnya terdapat berbagai suku, ras, dan agama. Normalnya beberapa orang akan terdorong untuk mengutamakan orang lain yang memiliki kesamaan ras, suku, dan agama.

Dalam pelaksanaan sila kedua, hal tersebut tidak boleh dilupakan. Dalam sudut pandang kemanusiaan, keadilan tetap harus diprioritaskan.

3. Sila Ketiga

Penerapan sila ketiga masih berhubungan dengan banyaknya ras, suku, dan agama. Dalam sila ketiga ini, penting untuk terus menjaga persatuan. Inti dari hal ini berhubungan dengan rasa cinta terhadap tanah air dibandingkan golongan sendiri.

4. Sila Keempat

Pembuktian dari sila keempat perlu dibuktikan dalam pemilihan umum. Cara termudahnya adalah dengan ikut memilih. Pemilihannya sendiri disesuaikan pada wakil yang dirasa paling layak.

5. Sila Kelima

Membantu adalah inti penerapan sila kelima. Proses membantunya sendiri sangat banyak. Contohnya seperti bakti sosial, konser amal, hingga donor darah.

Pastikan untuk menerapkan pancasila sebaik mungkin. Jangan sampai penerapannya dilakukan sebaik mungkin. Penerapan ini jauh lebih penting dibanding arti pancasila tidak bersifat utopis.

Kesimpulan

Jadi jawaban yang benar menurut materipintar.com mengenai Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan tidak bersifat utopis. Apa maksud Pancasila tidak bersifat utopis adalah Pancasila itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara nyata, bukan ide-ide yang jauh dari realita. 

Posting Komentar untuk "Pancasila merupakan ideologi yang terbuka dan tidak bersifat utopis. Apa maksud Pancasila tidak bersifat utopis?"