Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Pengertian dari range adalah?

Pengertian dari range adalah?

Pengertian dari range adalah?

a. pertemuan antara worksheet

b. pertemuan antara workbook

c. pertemuan antara garis dan kolom

d. kumpulan dari beberapa sel

e. jarak antara kolom

Kunci Jawaban: 

D. kumpulan dari beberapa sel


PEMBAHASAN:

Pengertian dari range adalah?

Arti Range, Fungsi dan Penggunaanya Pada Excel

Anda pasti tahu, arti range atau definisinya adalah kumpulan atau kombinasi dari beberapa sel di excel yang digunakan untuk tujuan tertentu. Selain posisinya yang teratur, ada pula range yang sel-selnya tidak saling berdekatan.

Bila range tersebut digunakan untuk rumus atau hal-hal lain, biasanya bentuk range terdiri dari B2:D11. Artinya, range yang direferensikan meliputi sel dari koordinat B12 hingga koordinat D11 di excel.

Perbedaan Range dan Sel

Setelah mengetahui arti range, maka masuk ke pembahasan perbedaan antara range dan sel. Dimana sel hanya mencakup satu sel dan koordinatnya saja, sedangkan range mencangkup lebih dari satu sel beserta koordinatnya. 

Lalu jika dilihat dari definisinya, sel adalah entitas di excel yang digunakan untuk memasukkan data Anda namun secara terpisah dari sel-sel lainnya.

Arti Range dan Cara Membuat Range

Sebenarnya cara membuat range di excel sangat mudah, asalkan Anda sudah mengerti cara drag menggunakan pointer. Bila sudah, cukup lakukan teknik drag pada range yang ingin dibuat.

Selanjutnya, lakukan drag dengan mengklik salah satu sel akhir, baik itu yang ada di (kiri bawah/kanan bawah/kiri atas/kanan atas) dari rentang yang ingin dibuat. Kemudian, tahan klik tersebut sembari mengarahkan penunjuk ke ujung yang berlawanan. Terakhir, lepaskan klik dan range sudah siap.

Namun jika ingin menggunakan keyboard, gunakan tombol Shift sembari menahan tombol arah untuk menyorot range Anda. Bila Anda ingin membuat range yang selnya tidak berdekatan, cukup klik tombol Ctrl (Perintah di Mac) sembari menekan sel yang termasuk dalam range Anda.

Untuk penulisan secara langsung, Anda bisa memasukkan range dengan mengetikan koordinat sel di ujung atas pada range Anda. Kemudian, lanjutkan dengan titik dua (:) beserta koordinat di ujung kanan bawah range Anda.

Kabar baiknya, menulis range secara langsung jauh lebih mudah karena tidak perlu memasukkan angka satu per satu. Cukup masukkan range dimana semua angka yang akan dijumlahkan bisa dilakukan dengan cepat.

Fungsi dan Kegunaan Range

Seperti yang kita tahu, range pada excel memiliki fungsi dan penggunaanya sendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memformat lebih dari satu sel sekaligus
  2. Dapat mengisi lebih dari satu sel dalam bentuk tulisan
  3. Dapat menghapus isi lebih dari satu sel

Ya, diatas adalah informasi singkat seputar arti range, fungsi dan cara menggunakannya secara tepat. Dengan begitu, kegiatan mengolah data excel dapat terlaksana dengan baik. Selamat mencoba!

Jadi Menurut materipintar.com mengenai soal Pengertian dari range adalah kumpulan dari beberapa sel.

Posting Komentar untuk "Pengertian dari range adalah?"