Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?

a. Membuat ulang suatu peristiwa

b. Mencoba melakukan hal yang sama

c. Suatu kejadian yang dilakukan untuk membuat suatu peristiwa yang sama

d. Kejadian yang persis sama terjadi 2 kali di waktu berbeda

e. Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang

Kunci Jawaban: 

E. Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang


Pembahasan:

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?

Pengulangan Menurut Konsep Waktu dalam Sejarah Merupakan

Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah merupakan sesuatu yang unik. Ini adalah kondisi dimana sesuatu yang terjadi di masa lalu kembali terjadi. Pengulangan itu sendiri bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung.

Perlu diketahui, yang berulang bukan peristiwanya. Peristiwa adalah hal unik sehingga pengulangan hampir tidak mungkin apabila terjadi secara tidak sengaja. Namun yang berulang adalah fenomenanya.

Keberadaan fenomena sendiri lebih mengarah ke titik fokus masyarakat terhadap suatu kejadian. Oleh sebab itu, pastikan untuk fokus pada fenomena ketika melihat pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah.

Pengulangan Menurut Konsep Waktu dalam Sejarah Merupakan Hal Pasti

Sekarang fenomena ini sendiri memang diakui keberadaannya. Itu karena hampir setiap orang pernah mengalaminya sendiri. Namun patut diakui kalau ada beberapa orang yang masih tidak biasanya.

Biasanya orang tersebut menganggap kalau pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah tidak rasional. Agar keberadaannya menjadi rasional, bukti dibutuhkan. Oleh sebab itu, berikut beberapa kisah yang membuktikannya.

1. Lincoln dan Kennedy

Hal pertama yang bisa dilihat adalah pembunuhan terhadap dua tokoh besar yaitu Lincoln dan Kennedy. Pembunuhan ini terpaut cukup jauh yaitu dari tahun 1865 ke 1963. Namun walaupun jaraknya jauh, terdapat banyak kemiripan yang terlihat.

Pertama kedua pembunuhan ini terjadi di depan umum. Lalu jangan lupa juga kalau keduanya ditembak mati di kepala pada hari Jumat. Sebagai tambahan, perjalanan terakhir yang dilakukan Kennedy adalah memakai limosin Lincoln.

2. Josef Stalin dan Gengis Khan

Fenoemana selanjutnya yang bisa dilihat adalah munculnya dua penguasa besar pada generasi dan tempat berbeda. Josef Stalin adalah penguasa Uni Soviet sedangkan Gengis Khan adalah penguasa dinasti mongol. Dua orang ini memiliki banyak kemiripan.

Keduanya terkenal sangat kejam dan sukses menjadi revolusioner di wilayahnya masing-masing. Dibandingkan memakai nama asli, keduanya juga memakai nama samaran saat berkuasa. Selain itu, Stalin dan Khan mengalami masa kecil yang sangat miskin.

Perlu diketahui, fenomena semacam ini sangat banyak. Contohnya seperti fenomena titanic dan the vasa. Lalu ada juga dua pembunuhan yang terjadi di Edington.

Keberadaannya jelas bisa menjadi bukti yang kuat. Oleh sebab itu, jangan sampai menganggap kalau pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah yang tidak rasional.

Jadi Jawaban Yang benar menurut materipintar.com tentang Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah Fenomena yang pernah terjadi sebelumnya terulang kembali pada masa sesudahnya atau masa sekarang. Peristiwanya tidak berulang tetapi fenomenanya yang berulang.

Posting Komentar untuk "Pengulangan menurut konsep waktu dalam sejarah adalah?"