Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah?

Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah?

Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah?

a. pembelahan sel telur

b. perkembangan embrio

c. produksi sel sperma dan sel telur

d. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur

e. proses perkembangbiakan hewan

Kunci Jawaban: 

D. penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur


Pembahasan:

Belakangan banyak orang yang bertanya terkait peristiwa selama fertilisasi pada hewan. Setiap makhluk hidup memiliki sifat dan cirinya tersendiri.

Fakta Unik Peristiwa Selama Fertilisasi Pada Hewan Berikut 

Belakangan banyak orang yang bertanya terkait peristiwa selama fertilisasi pada hewan. Setiap makhluk hidup memiliki sifat dan ciri tersendiri. Beberapa sifat tersebut seperti bernafas, bergerak, berkembang biak, dan masih banyak lagi.

Selain itu, makhluk hidup memiliki cara sendiri untuk berkembang biak. Sama seperti manusia, ini dilakukan untuk mempertahankan keturunannya dan mencegah kepunahan.

Ada fakta unik mengenai reproduksi yang dialami oleh hewan, salah satunya adalah peristiwa selama fertilisasi pada hewan. Fertilisasi merupakan tahapan awal dalam proses reproduksi, atau yang biasa disebut konsepsi. Nantinya kedua gamet akan bertemu dan menjadi satu atau yang disebut zigot.

Jenis dan Peristiwa Selama Fertilisasi Pada Hewan

Seperti yang kita tahu, fertilisasi pada hewan tentu berbeda-beda. Untuk jenisnya sendiri ada dua, yakni secara eksternal dan internal. 

Pertama, fertilisasi eksternal pembuahan eksternal terjadi dimana gamet akan dikeluarkan dari tubuh hewan sebelum hewan tersebut mengalami pembuahan. Biasanya fertilisasi ini terjadi pada hewan-hewan yang berada di air seperti ikan.

Lalu peristiwa selama fertilisasi pada hewan secara internal, kedua gamet akan dilepaskan setelah organ reproduksi dan terjalinlah pembuahan. Umumnya pembuahan satu ini terjadi pada hewan-hewan darat seperti anjing, kucing, tikus dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita tahu, perkembangbiakan hewan melalui 3 cara, yaitu oveparitas, vivipar dan ovovivipar. Berikut penjelasannya

1. Oveparitas

Oviparitas berasal dari kata ovum atau yang berarti bertelur. Di dalamnya, ada dua jenis fertilisasi yaitu internal dan eksterna. Bila internal, maka terjadi di dalam tubuh induk betina, sedangkan eksternal terjadi di luar tubuh induk betina.

2. Vivipar

Hewan yang berkembang secara vivipar, biasa dikenal sebagai hewan mamalia. Nantinya embrio akan tumbuh dan berkembang di Rahim betina dalam beberapa bulan. Contoh hewan yang berkembang dengan cara ini adalah anjing, kucing, kelinci, sapi dan kambing.

3. Ovovivipar

Reproduksi ovovivipar merupakan penggabungan dari oviparitas dan vivipar. Ketika berada di dalam tubuh induknya, sel telur akan berkembang menjadi hewan baru.

Setelah menetas, anak tersebut akan keluar dari tubuh induknya. Contoh hewan ovovivipar adalah buaya, hiu dan beberapa jenis ular.

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai peristiwa selama fertilisasi pada hewan, selain pembuahan, masih banyak proses yang harus dilalui hewan untuk melahirkan atau bertelur.

Jadi menurut materipintar.com jawaban soal mengenai Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah penyatuan inti sel sperma dan inti sel telur.

Posting Komentar untuk "Peristiwa yang terjadi selama fertilisasi pada hewan adalah?"