Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan?

Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan?

a. keseragaman agar tercapai kedamaian

b. mempelajari tarian adat daerah

c. mengarang lagu bahasa daerah

d. mempelajari lagu daerah

e. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: 

A. keseragaman agar tercapai kedamaian

Pembahasan:

Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan?

Tips Tumbuhkan Sikap Pluralitas Budaya Bangsa

Banyak orang bertanya-tanya mengenai sikap pluralitas budaya bangsa yang baik. Pluralitas sendiri adalah pemahaman mengenai keberagaman untuk bertoleransi dalam hidup bermasyarakat. 

Masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat yang majemuk baik secara agama, budaya, bahasa, politik dan banyak lagi. Pluralitas dikenal juga dengan sebutan pluralisme.

Cara Tepat Tumbuhkan Sikap Pluralitas Budaya Bangsa

Bagi sebagian orang, mencoba merespon positif pluralitas memang tidaklah mudah. Apalagi bila selama ini Anda selalu menganggap kelompok Anda jauh lebih unggul ketimbang yang lain. Untuk itu, tumbuhkan sikap yang baik dengan tips dibawah ini :

1. Kenali Diri Sendiri

Tips pertama untuk menumbuhkan sikap pluralitas budaya bangsa dengan mengenali diri sendiri.

Ini dimulai dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Caranya bisa menanyakan melalui teman, keluarga atau kerabat agar penilaian mereka dapat memberi gambaran yang jelas.

Tetap sadari bahwa Anda juga memiliki kelemahan dibalik kelebihan tersebut. Kalau sudah begini, Anda juga akan berpikir bahwa orang yang berbeda agama, berbeda budaya, dan lain sebagainya juga sama. Sehingga Anda bisa menerimanya dengan baik.

2. Menjalin Persahabatan Seluas-Luasnya

Cara tumbuhkan sikap pluralitas budaya bangsa selanjutnya adalah dengan berteman tanpa memandang suku, ras dan agama. Justru bila Anda mampu menjalin pertemanan dengan seseorang yang sebelumnya dianggap berbeda, tentu saja dapat menumbuhkan sikap toleransi yang ada.

Kemudian tahu lebih banyak mengenai kelebihan mereka ketimbang diri sendiri. Sehingga dapat menumbuhkan sikap pluralitas yang membantu terciptanya kerukunan dan kedamaian.

3. Dekat Dengan Orang yang Dianggap Berbeda

Ketika Anda mengenal seseorang yang sedikit berbeda, jangan buru-buru menjauh. Tidak ada salahnya menjalin kedekatan dengan mereka. Tetap hormati perbedaan yang ada. Dengan begitu, kesempatan untuk hidup rukun akan terbuka lebar.

4. Mengenal Perbedaan Secara Mendalam

Tips selanjutnya adalah dengan mengetahui perbedaan secara mendalam. Artinya, terima lapang dada untuk mengenal setiap orang dengan segala perbedaannya. Dengan begitu, Anda tidak dapat memaksakan orang lain untuk menjadi sama.

Pahami bahwa perbedaan bukanlah hal yang buruk. Justru melalui perbedaan, akan memunculkan apresiasi bagi orang-orang sekitar dan diri Anda sendiri. Tumbuhkan sikap pluralitas budaya bangsa juga dapat menutupi kekurangan yang kita miliki dengan kelebihan di setiap perbedaan.


Posting Komentar untuk "Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan?"