Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Stepa dan sabana di Indonesia banyak berada di?

 

Stepa dan sabana di Indonesia banyak berada di?

Stepa dan sabana di Indonesia banyak berada di?

a. Jawa dan Sumatra

b. Sumatra dan Kalimantan

c. Maluku dan Papua

d. Nusa tenggara

e. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: 

d. Nusa tenggara

Pembahasan:

Stepa dan sabana di Indonesia banyak berada di?

Beberapa Lokasi yang Terdapat Banyak Stepa dan Sabana di Indonesia

Stepa dan sabana di indonesia bisa Anda temui di beberapa tempat di Indonesia yang masih memiliki wilayah yang asri dan belum banyak tersentuh oleh bangunan-bangunan pencakar langit yang megah dan modern. Untuk para petualang mungkin dengan mengunjungi stepa dan sabana yang ada di Indonesia bisa menjadi salah satu agenda yang menarik untuk dilakukan. 

Stepa merupakan sebuah padang rumput yang sangat luas tanpa adanya pepohonan sama sekali. Sedangkan untuk sabana merupakan tempat yang memiliki iklim tropis dengan memiliki rumput dan semak belukar yang tinggi dan pohon-pohon yang tinggi. Baik stepa ataupun sabana kebanyakan terdapat di tempat yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang minim. 

Tempat yang Memiliki Banyak Stepa dan Sabana di Indonesia

Anda bisa menjumpai stepa dan sabana di tempat yang memiliki dua iklim yaitu musim panas dengan hawa yang dingin dan iklim dingin dengan hawa yang kering. Stepa dan sabana di Indonesia terdapat di tempat yang memiliki terik mata hari yang tinggi dan insensitas hujan yang rendah. 

Persebaran stepa dan sabana yang ada di Indonesia banyak tersebar di daerah timur Indonesia seperti pada kepulauan Nusa Tenggara. Hal ini dikarenakan bagian wilayah Indonesia timur cenderung memiliki insentitas curah hujan yang rendah dengan tanah yang kering cenderung memiliki tanah yang tandus sehingga banyak tersebar stepa di sini pada wilayah Nusa Tenggara Timur. 

Sedangkan untuk wilayah Nusa Tenggara Barat sendiri cenderung memiliki iklim yang sedikit lembab sehingga banyak sabana akan Anda jumpai di tempat ini. Selain di kawasan Nusa Tenggara Barat, persebaran sabana dapat Anda jumpai di beberapa tempat lainnya seperti di taman nasional baluran. 

Hampir seluruh wilayah taman nasional baluran sekitar 40% merupakan sabana luas yang bisa Anda temukan di sini. Selain taman nasional baluran ada banyak sabana lain yang bisa Anda kunjungi seperti sabana cikasur, sabana sembalun, dan sabana oro-oro ombo. 

Dengan mengunjungi stepa dan sabana Anda bisa menikmati keindahan alam dengan hamparan padang rumput yang luas apabila Anda mengunjungi stepa, dan hamparan pepohonan yang begitu rimbun dengan semak belukar yang begitu luas dengan mengunjungi beberapa tempat stepa dan sabana di Indonesia. 


Posting Komentar untuk "Stepa dan sabana di Indonesia banyak berada di?"