Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adsense

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut?

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut?

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut?

a. kamuflase

b. hibernasi

c. estivasi

d. adaptasi

e. koping individu

Kunci Jawaban: 

D. adaptasi


Pembahasan:

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut?

Kemampuan Makhluk Hidup untuk Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hampir semua jenis makhluk hidup dibekali dengan kemampuan satu ini. Tentu saja manusia juga termasuk ke dalamnya. Materi satu ini tentunya selalu dipelajari pada mata pelajaran biologi di sekolah.

Kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi bertujuan mempertahankan diri dari serangan musuh. Jika makhluk hidup tidak bisa beradaptasi, maka mereka akan punah. Yang dianggap musuh disini tidak hanya hewan atau makhluk lain saja.

Tapi juga lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Seringkali makhluk hidup harus berhadapan dengan cuaca yang sangat ekstrem untuk bertahan hidup. Dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini, kemampuan adaptasi yang tinggi sangatlah dibutuhkan.

Penyesuaian pada makhluk hidup ini dilakukan melalui habitat ataupun genetik mereka masing-masing. Jadi makhluk hidup bisa mencari habitat yang sesuai dengan kondisi fisik mereka, ataupun mengubah organ tubuh agar sesuai dengan kondisi alam sekitar.

Contoh Kemampuan Makhluk Hidup untuk Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya

Ada banyak sekali contoh adaptasi yang bisa kita temukan di dalam konteks satu ini. Contohnya kita bisa melihat burung yang memiliki sayap dan bisa terbang dari satu tempat ke tempat lain. Ada juga hewan laut dalam yang memiliki kulit tebal.

Atau kita juga bisa melihat ikan yang memiliki organ insang karena hidup di dalam air. Bisa juga tumbuhan kaktus yang bisa hidup di padang pasir dalam kondisi minim air. Tentunya masih banyak jenis kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang bisa Anda temukan. 

Kemudian penting juga untuk mengetahui tujuan adaptasi dari kemampuan makhluk hidup ini. Berikut ini penjelasanya.

Tentu saja ada tujuan dibalik kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tujuan yang pertama adalah melindungi diri dari serangan pemangsa atau musuh-musuh mereka. Tujuan lainnya adalah untuk memperoleh makanan di habitat masing-masing 

Selain itu, ada juga makhluk hidup yang melakukan adaptasi untuk melestarikan jenisnya dan berkembangbiak. Namun pada dasarnya, tujuan adaptasi yang paling utama adalah untuk bertahan hidup. 

Sudah pasti ada banyak sekali bentuk kemampuan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tapi membagi bentuk atau jenis tersebut menjadi adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku. 

Masing-masing jenis adaptasi tentu memiliki fungsi tersendiri. Namun pada dasarnya kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya ini merupakan sebuah kondisi yang sangat dipengaruhi oleh habitat masing-masing.


Posting Komentar untuk "Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya disebut?"